Jenis Jurnal Nasional Yang Wajib Di Ketahui Mahasiswa

No Comments

Hallo Sahabat Publikasi, kali ini kita akan membahas mengenai jenis jurnal nasional yang terakreditasi.

Nah sebelum itu, kita harus tahu terlebih dadulu mengenai apasih jurnal nasional ? apakah sahabat sudah mengetahui apa yang di maksud dengan jurnal nasional ? untuk kalangan dosen mungkin sudah banyak yang tahu, nah tapi untuk kalangan mahasiswa pasti masih belum banyak yang tahu nih, apalagi mahasiswa baru, benar ya ?

Jenis jurnal nasional apa yang wajib mahasiswa ketahui ? salah satunya yaitu jurnal nasional terakreditasi yang sering di gunakan oleh mahasiswa untuk syarat tugas kuliah dan syarat kelulusan.

Jurnal Nasional

Jurnal Nasional adalah publikasi ilmiah yang terbit secara berkala dalam bentuk artikel yang menyebarluaskan perkembangan ilmu pengetahuan yang terbit secara resmi dengan ISSN.  Selain terbit secara berkala, jurnal nasional juga harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Karya ilmiah memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan
  • Memiliki e-ISSN dan p-ISSN
  • Memiliki terbitan 
  • Bertujuan untuk menampung/mengkomunikasikan dari hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu.
  • Ditujukan kepada masyarakat ilmiah
  • Diterbitkan oleh Lembaga terpercaya
  • Bahasanya menggunakan Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris atau bahasa baku untuk absrak dalam Bahasa Indonesia dan bahasa inggris atau bahasa Indonesia saja.
  • Penulis minimal dari 2 institusi yang berbeda
  • Memiliki dewan rekdasi/editor minimal 2 institusi yang berbeda dan ahli dalam bidang nya

Sumber : https://dosen.perbanas.id/pengertian-jurnal-ilmiah-nasional-2/

Lalu apasih sih syaratnya agar jurnal nasional kita terakreditasi ?

Syaratnya adalah Mendapatkan status akreditasi dari kepala LIPI atau Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Memiliki masa berlaku yang sesuai.

Lalu apakah boleh jurnal nasional untuk syarat tugas kuliah mahasiswa ? sangat boleh dan biasanya dosen menyarankan mahasiswa untuk publish pada jurnal nasional yang terakreditasi. Nah bagaimana menurut sahabat mengenai penjelasan jurnal nasional yang admin berikan ? mungkin bisa memberi pengetahuan lebih ya untuk sahabat publikasi.

Contoh

Jurnal Syntax Literate 

Jenis Jurnal Nasional

Nah inilah salah satu contoh jurnal nasional yang sudah terakreditasi. Jurnal Syntax Literate ini adalah jurnal nasional yang sudah terakreditasi sinta 4 yang terbit setiap bulan atau 12x dalam setahun. Jurnal ini sangat rekomendasi sekali untuk mahasiswa yang sedang mencari publish jurnal dalam waktu dekat. Tidak hanya mahasiswa, jurnal ini juga sangat rekomended sekali bagi dosen untuk syarat jabatan fungsional dan sebagainya.

Bagi sahabat publikasi yang belum tahu cara publikasi jurnal nasional bisa kunjungi artikel kami yaitu Cara Publikasi Jurnal Nasional

Semoga Info yang kami berikan bermanfaat untuk para pembaca. Jika ingin berkonsultasi bisa kunjungi Web Publikasiindonesia.id atau bisa langsung bisa Klik Link dibawah ini :

Ingin Berkonsultasi

Satu-Satunya Penerbit Jurnal Ilmiah Terakreditasi yang Terbit Setiap Bulan. Kami Mengelola 8 Jurnal Nasional Bereputasi, Terakreditasi dan Jurnal Internasional Bereputasi

More from our blog

No Comments

Leave a Comment